Apa itu Digital Signage? - Mesin Antrian, Aplikasi Sekolah & Rumah Sakit
SMART Feedback Untuk Meningkatkan Pelayanan
Oktober 4, 2018
Happy Customer
Cara Meningkatkan Kepuasan Customer Melalui Antrian
Oktober 12, 2018
Show all

Apa itu Digital Signage?

Digital Signage 

Pada jaman modern saat ini, informasi tidak hanya diperoleh melalui media dalam bentuk cetak saja, seperti pamflet, tetapi juga dapat ditampilkan melalui layar elektronik, bernama digital signage. Perangkat ini sendiri sudah menjamur di beberapa fasilitas umum, seperti ketika masuk ke restoran, bandara, rumah sakit ataupun tempat umum lainnya seperti pusat perbelanjaan. Teknologi ini menggunakan LED, LCD untuk menampilkan konten media informasi.

Cara Kerja 

Untuk menjalankan perangkat ini, maka membutuhkan empat elemen utama, yaitu software yang akan menampilkan informasi pada layar atau disebut player, layar display sebagai distribusi konten, komputer sebagai server administrator dan jaringan yang menghubungkan antara server, player dan display. Nantinya konten akan diunggah pada server kemudian data konten tersebut akan diputar melalui player. Lalu akan ditampilkan melalui layar display.

Elemen Digital Signage

pic from www.bankofbaroda.com

Beberapa Fungsi Digital Signage

Tidak hanya sebagai pusat informasi, digital signage juga berfungsi sebagai media iklan untuk menarik masyarakat. Berikut beberapa fungsi lain digital signage :

  1. Informasi internal, yaitu sebagai informasi dalam sekolah, perusahaan maupun kantor yang menampilkan data atau berita penting atau pesan.
  2. Navigasi, adalah sebagai petunjuk arah yang menampilkan GPS. Biasanya ditampilkan dalam stasiun atau bandara.
  3. Informasi umum, yaitu berfungsi menampilkan segala informasi pada suatu tempat. Misalnya jika dipasang pada kebun binatang, maka perangkat ini akan menampilkan tipe-tipe binatang yang ada di tempat tersebut.
  4. Tidak hanya informasi, digital signage juga dapat menampilkan iklan, biasanya berbentuk reklame. Iklan yang ditampilkan juga harus dikemas dalam bentuk yang menarik, sehingga masyarakat tertarik untuk melihatnya.
  5. Menu digital, pada beberapa restoran saat ini sudah menggunakan perangkat ini untuk menampilkan menu, baik menu yang tersedia ataupun menu promo. Hal ini akan menarik pengunjung sebelum melakukan pemesanan.
  6. Digital signage dapat menampilkan video atau konten untuk menarik perhatian pengguna. Ini bisa berupa dinding video asli, video promosi, atau mini-game interaktif.
  7. Media kampanye. Sebagai media yang menampilkan informasi, maka perangkat ini juga dapat dibuat sebagai media mempromosikan kampanye.

Masih banyak fungsi perangkat ini yang dapat diperoleh, informasi yang ditampilkan juga lebih menarik dan informatif, karena ditampilkan dalam sebuah gambar. Nakula Sadewa juga menambahkan perangkat ini dalam paket mesin antrian, untuk menampilkan informasi nomor antrian dan video menarik untuk pengguna.

Digital Signage Untuk Mesin Antrian

Digital Signage untuk menampilkan informasi nomor antrian & video slide

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *