Mesin Antrian Modern: Membantu Memaksimalkan Pelayanan
Mesin Antrian END Que 2 DPPKAD Tanjungpinang
Juli 11, 2017
Mesin Antrian Puskesmas
Mesin Antrian Di Puskesmas Jiken dan Kutukan
Agustus 8, 2017
Show all

Mesin Antrian Modern

Mesin antrian bank

Sistem dibangun pastinya untuk mempermudah manusia yang menggunakanya di berbagai bidang termasuk bisnis dengan memberikan dukungan untuk memaksimalkan proses pemasaran, pelayanan maupun produksi. Menengok pada pelayanan berkualitas, mungkin yang dirasakan akan berbeda jika antrian untuk mendapatkan pelayanan sangat panjang dan konsumen harus berdiri untuk mempertahan nomor urut pelayanan. Saat ini sudah didesain sistem yang mampu untuk memanajemen antrian sehingga memudahkan pelayanan dan lebih menertibkan pengunjung, yaitu mesin antrian. Mesin antrian dapat mempermudah kerja dari customer service, selain memanajemen dalam sistem juga akan merecord aktivitas antrian pengunjung.

Cara Kerja Mesin Antrian
Mesin antrian dikembangkan untuk membantu memaksimalkan pelayanan kepada pengunjung, untuk itu maka perlu sebuah sistem antrian yang mudah untuk digunakan. Cara kerja dari mesin antrian sangatlah mudah untuk membantu para pengunjung mendapatkan pelayanan yang diharapakan. Dimulai dari pertama pengunjung datang pada sebuah service center, akan disambut oleh mesin ticketing setelah pintu masuk untuk mengambil nomor antrian. Ticketing yang dimiliki mesin antrian memiliki beberapa jenis, yaitu android ticketing, All in One PC Ticketing dan KiosK Ticketing, masing-masing memiliki keunggulan. Setelah mendapatkan nomor antrian dari mesin antrian, selanjut pengunjung menunggu giliran untuk dipanggil berdasarkan nomor antrian. Untuk memanggil, pihak pelayanan menggunakan software caller yang di instal pada masing-masing PC disetiap meja pelayanan.

Alat pemanggil dalam mesin antrian dikembangkan dalam tiga tipe, yaitu button hardware, software caller dan android. Pada tipe hardware ini ditambahkan sebuah alat bantu untuk memanggil nomor antrian yang sudah mengantri, tersambung menggunakan kabel LAN pada PC server yang sudah terinstal aplikasi mesin antrian. Pemanggil lain yaitu software caller, berupa aplikasi terinstal pada PC yang tersedia disetiap meja pelayanan. Dengan menggunakan software caller ini memudahkan pelayanan, karena tidak memerlukan item tambahan untuk dimeja pelayanan yang mengakibatkan mengurangi ruang di meja kerja. Tipe pemanggil lain yaitu menggunakan android, dengan tipe ini diharapkan memberikan kesan lebih bonafit sehingga memiliki kesan perusahaan besar yang mengusung teknologi guna memaksimalkan pelayananMesin antrian bank multimedia

Setelah pemanggil menjalankan tugasnya untuk memanggil nomor antrian, selanjutnya tugas dari display untuk menampilkan secara visual nomor antrian selanjutnya dan voice untuk memanggil nomor antrian. Untuk menampilkan nomor antrian menggunakan TV LCD dengan didukung software multimedia, sehingga tampilan nomor antrian dapat dimasukkan animasi supaya lebih menarik. Dengan dukungan software multimedia layar LCD selain menampilkan nomor antrian juga bisa menampilkan slide show gambar, video, berita dari suatu website, animasi flash dan masih banyak lagi. Untuk mengurangi human error dari pengunjung maka voice memiliki tugas selanjutnya, jadi selain secara visual maka perlu adanya notifikasi secara audio. Dengan bantuan fitur voice ini akan membantu untuk memberi peringatan kepada pengunjung, sehingga lebih mudah mengetahui giliran mendapatkan pelayanan.

Mesin Antrian dan Dampaknya
Pada hakekatnya teknologi ini dikembangkan untuk memaksimalkan sebuah pelayanan, karena kembali lagi bahwa dampak dari pelayanan itu sendiri memiliki nilai positif bagi pemberi pelayanan entah itu perusahaan profit atau pun non profit. Antrian yang berjejer dan panjang jelas bukan pemandangan yang menarik, apalagi untuk orang yang berada dalam antrian. Beberapa orang mungkin memiliki kebutuhan yang tidak bisa dialihkan sehingga harus mengambil resiko untuk berdiri lama menunggu pelayanan. Berdiri lama untuk menunggu antrian sudah jelas bukanlah hal yang menyenangkan bagi kebanyakan orang.

Menggunakan mesin antrian akan banyak membantu dalam beberapa hal, dan dapat dipastikan lebih menguntungkan pihak pemberi pelayanan. Berikut beberapa point positif dengan menggunakan sistem antrian untuk membantu pelayanan:

  1. Menggunakan mesin antrian menghilangkan kesan berdiri lama untuk mendapatkan pelayanan untuk pengunjung, membuat pengunjung merasa lebih nyaman.
  2. Mesin antrian membawa asas keadilan, sehingga memberikan pelayanan bagi mereka yang datang mengambil nomor antrian terlebih dahulu.
  3. Mesin antrian yang dikembangkan mengusung teknologi-teknologi terbaru saat ini, mulai dari penggunaan android, LCD touchscreen, wireless conection dan masih banyak lagi. Penggunaan fitur-fitur terbaru ini membawa kesan bahwa perusahaan mengikuti perkembang teknologi.

Sasaran Mesin Antrian
Siapa saja dapat menggunakan mesin antrian ini mengingat banyaknya nilai positif yang dapat diambil dari alat ini. Penggunaan sistem antrian dikhususnya pada perusahaan profit maupun non-profit, milik negara ataupun swasta yang menuntut pelayanan prima pada setiap pengunjungnya. Mesin antrian pun dikembangkan dengan berbagai varian untuk diterapkan dalam berbagai bentuk pelayanan, yaitu:

  • Perbankan
  • Rumah Sakit
  • Pengadilan Agama
  • Service Center
  • Kantor Pelayanan Pajak (KPP)
  • Kantor Imigrasi
  • Kantor Bea Cukai
  • Samsat
  • Daftar ulang Universitas
  • dan masih banyak lagi

Sistem antrian masih akan terus dikembangkan untuk membantu semakin banyak pelayanan, sehingga Indeks Kepuasan Masyarakat semakin meningkat setelah mendapatkan pelayanan. Hal tersebut dipastikan banyak membantu perusahaan pemberi pelayanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *